Mahabarata Sadewa

| Minggu, 21 September 2014


Penjelasan Tokoh Sadewa

Sadewa adalah saudara kembarnya Nakula. Dia adalah putra bungsu Pandu. Dia lahir sebagai titisan Dewa Aswin. Sadewa sangat menyayangi saudara-saudaranya dan begitu juga sebaliknya, kakak-kakaknya selalu berusaha untuk melindungi Sadewa. Setiap kali Yudistira meminta pendapat dari para saudaranya, yang pertama dipilihnya untuk berpendapat adalah Sadewa. Karena Sadewalah yang paling muda.
Sadewa adalah seorang seniman yang punya pengetahuan yang mendalam tantang berbagai macam seni. Strukarman adalah putranya dari Drupadi. Ketika Pandawa dan Drupadi hidup dalam penyamaran, Sadewa menyamar sebagai gembala sapi dan mengganti amanya menjadi Trantipala.
Putra bungsu Pandu itu adalah kesatria muda yang sama tangguhnya seperti saudaranya. Pada perang Baratayuda, Sadewa pernah memimpin pasukan Pandawa, dia berperang dengan gagah berani. Sadewa melepaskan anak panahnya yang bermata pedang lalu menembus leher Sangkuni dan memenggal kepalanya. Sadewa berhasil membunuh musuhnya yang licik.


Pada saat Pandawa dan Drupadi pergi ke gunung Himalaya untuk mencapai kedamaian Batara Indra, Sadewa meninggal dengan urutan kedua. Dosanya adalah terlalu percya diri dan terlalu yakin akan kesaktiannya hingga meremehkan dewa-dewa dan orang lain. Pada akhirnya Sadewa hidup bahagia di surga bersama keluarganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲